Starship Troopers - Berperang Melawan Serangga

Starship Troopers – Berperang Melawan Serangga

Action Adventure Scifi Thriller

Dewamovies – Bagi kalian generasi tahun 1990-an pasti mengetahui film epik ini yaitu Starship Troopers.

Film ini dibesut oleh sutradara terkenal asal Belanda, Paul Verhoeven, yang sebelumnya juga menyutradarai film seperti Total Recall dan Basic Instinct.

Film ini diproduksi oleh Touchstone Pictures dan diedarkan oleh TriStar Pictures dan Buena Vista International.

Film yang dirilis pada tahun 1997 ini diadaptasi dari sebuah novel yang berjudul sama karya Robert A. Heinlein.

Trailer dan Sinopsis Starship Troopers

Film ini mengisahkan perjalanan tiga sahabat selepas mereka lulus sekolah SMU sampai dengan menjadi taruna militer dan berperang melawan mahluk asing.

Mereka adalah John ‘Johny’ D. Rico, yang diperankan oleh aktor Casper Van Dien, yang juga membintangi film Tarzan and the Lost City dan Sleepy Hollow; Carmen Ibanez, yang diperankan oleh aktris Denise Richards, yang juga membintangi film Wild Things dan Undercover Brother; dan Carl Jenkins, yang diperankan oleh aktor Neil Patrick Harris, yang juga membintangi film Gone Girl dan menjadi cameo di film Harold & Kumar Escape from Guantanamo Bay.

Johny dan Carmen adalah sepasang kekasih dan Carl adalah sahabat mereka yang bersekolah di sekolah yang sama.

Kemudian juga ada Dizzy Flores, yang dibintangi oleh aktris Dina Meyer, yang juga tampil dalam film Saw.

Dia berperan sebagai teman sekelas mereka dan juga secara terang-terangan menyukai Johny walaupun Johny sudah memiliki pacar, yaitu Carmen.

Juga ada sang guru, Jean Rasczak, yang diperankan oleh aktor Michael Ironside, yang juga bermain dalam film Top Gun dan The Machinist.

Dikisahkan pada abad ke-24 di masa depan, dunia diperintah oleh The Global Federation of Earth secara militeristik.

Manusia sedang dalam keadaan berperang dengan mahluk asing berbentuk serangga yang disebut Bugs atau Arachnids dari tata surya Arachnid di ujung galaksi Bimasakti, tepatnya dari planet bernama Klendathu.

Karena keadaan ini maka tatanan masyarakat dibagi menjadi dua; warga sipil (civilians) dan warga negara (citizens).

Status citizens lebih tinggi dan memiliki hak yang lebih daripada civilians. Untuk mendapatkan status sebagai citizens, mereka harus masuk ke dalam militer dan berperang melawan para serangga untuk mendapatkan status tersebut.

Carmen dan Carl mendaftar untuk menjadi kadet militer.

Karena tidak ingin berpisah dengan Carmen, Johny pun ikut mendaftar walaupun bertentangan dengan kehendak orangtuanya yang menginginkannya untuk meneruskan kuliah di universitas.

Karena nilai yang diperoleh Johny rendah, maka dia hanya bisa masuk ke Mobile Infantry (semacam pasukan infanteri darat), sedangkan Carmen lolos masuk ke sekolah pilot dan Carl lolos masuk ke sekolah intelejen militer.

Ternyata Dizzy juga ikut mendaftar dan masuk ke Mobile Infantry bersama dengan Johny.

Di sekolah pilot, Carmen bertemu dengan Zander Barcalow, yang diperankan oleh Patrick Muldoon, dan akhirnya mereka saling menyukai.

Dizzy pun juga semakin berani mendekati Johny di Mobile Infantry.

Ketika dalam pelatihan militer, Johny dikeluarkan dan dihukum cambuk karena mengakibatkan tewasnya salah seorang rekannya ketika melakukan latihan militer.

Nasib pun berubah seketika, ketika sebuah asteroid jatuh ke bumi menghantam kota kelahiran Johny, Buenos Aires, Argentina dan menewaskan lebih dari 8 juta orang termasuk orangtua Johny.

Asteroid tersebut dikirim oleh mahluk serangga dari sistem bintang Arachnid. Johny pun bergabung kembali dengan militer untuk selanjutnya berperang melawan mahluk serangga.

Johny dan pasukan Mobile Infantry diterjunkan ke planet Klendathu untuk menumpas para mahluk serangga.

Tetapi mereka justru dikalahkan oleh mahluk tersebut dengan korban tewas di pihak Mobile Infantry mencapai 100 ribu jiwa.

Mahluk yang disebut Bugs ini ternyata banyak jenisnya, mulai dari serangga tentara sampai dengan serangga yang dapat mengeluarkan plasma untuk menjatuhkan/menghancurkan pesawat militer yang dikirim manusia ke planet tersebut.

Sisa pasukan yang selamat ditarik kembali menuju stasiun luar angkasa terdekat.

Di sana Carmen melihat nama Johny ada di antara daftar prajurit yang tewas.

Para ilmuwan federasi beranggapan bahwa pasti ada serangga ‘pintar’ yang berperan sebagai pemimpin di planet Klendathu dan planet-planet sekitarnya karena mereka mampu mengirim asteroid ke bumi dari jauh dan juga mampu mengalahkan pasukan militer manusia yang menyerang mereka.

Bagaimanakah kisah selanjutnya?

Mampukah manusia mengalahkan mahluk serangga tersebut?

Apakah sampai di situ akhir kisah Johny?

Bagaimanakah nasib Carmen dan Carl?

Silakan kamu menonton filmnya atau membaca novelnya.

Review Film Starship Troopers

Tim yang menangani spesial efek dan CGI film ini juga patut diacungi jempol.

Spesial efek dan CGI di film ini akan terlihat kurang nyata jika kita bandingkan dengan film-film sci-fi saat ini, tetapi spesial efek dan CGI di film ini begitu memukau dan sangat maju untuk zamannya, yaitu tahun 1990-an.

Penggambaran mahluk serangga dengan berbagai jenisnya cukup membuat kita merasa takut dan jijik.

Walaupun masih terlihat belum ‘halus’ dan masih ‘kasar’, tetapi penggambaran pesawat/kapal luar angkasa, stasiun luar angkasa, mahluk-mahluk serangga, dan planet-planet di film ini bisa dibilang lumayan bagus.

Kemudian bagi kamu yang tidak tahan melihat banyaknya darah dan adegan-adegan kekerasan, sebaiknya tidak menonton film ini.

Darah dan potongan-potongan tubuh manusia ‘menghiasi’ pemandangan di film ini.

Mahluk-mahluk serangga dengan mudahnya ‘menyobek’ tubuh pasukan militer yang menyerbu mereka

Director: Paul Verhoeven
Writers: Edward Neumeier (screenplay) (as Ed Neumeier), Robert A. Heinlein (book)
Stars: Casper Van Dien, Denise Richards, Dina Meyer
Genres: Action | Adventure | Sci-Fi | Thriller

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *