Sky Castle - Realita Kehidupan Siswa di Korea Selatan

Sky Castle – Realita Kehidupan Siswa di Korea Selatan

Drama

Dewamovies – Salah satu drama Korea favorit yang berhasil mencuri perhatian penonton adalah Sky Castle.

Judul film ini merujuk pada sebuah nama perumahan elite yaitu Sky Castle. Namun, dibalik itu, nama ini sebenarnya memiliki makna lain yang mewakili jalan cerita di dalamnya.

Yaitu cerita tentang kehidupan manusia yang memiliki ambisi kebahagiaan setinggi dan semegah Istana langit atau Sky Castle.

Untuk mengobati penasaran anda, simak sinopsis Sky Castle berikut ini:

Awal Kisah Sky Castle: Obsesi Kesuksesan dalam Pendidikan

Kisah ini di awali dengan Seo Jin yang yang kagum dengan Myung Joo tetangga rumahnya, karena memiliki anak yang berhasil masuk ke sekolah kedokteran.

Ia ingin meminta tips kepada Myung Joo bagaimana cara mendidik anaknya yang bernama Yong Jae hingga berhasil.

Berkualitasnya lembaga pendidikan yang dimasuki oleh anak, menurut Seo Jin adalah sebuah tolak ukur kesuksesan.

Padahal, Seo Jin sendiri sudah dipandang sebagai keluarga yang sukses oleh tetangganya di perumahan ini yakni No Seung Hye, dan Jin Jin Hee.

Bahkan karena sangat kagum dengan Seo Jin yang dianggap memiliki segalanya, Jin Hee mengikuti langkahnya untuk menikahi seorang ahli bedah ortopedi yakni Woo Yang Woo.

Pola Asuh Orang Tua yang Salah

Memaksakan pendidikan, dan menjadikannya sebagai tolak ukur kebahagiaan ternyata tidak terbukti.

Myung Joo yang dianggap sudah bahagia akan keberhasilan anaknya, ternyata justru mati bunuh diri dengan cara mengenaskan.

Setelah dicari tahu penyebabnya justru karena ulah anaknya sendiri, yang tidak terima dengan perlakuan orang tuanya atas penolakan hubungannya dengan pembantunya.

Ia membuat ibunya frustrasi karena mengaku ke sekolah kedokteran, namun ternyata pergi menyusul kekasihnya di kediamannya.

Kehadiran Tetangga Baru di film Sky Castle

Meninggalnya Myung Joo membuat keluarganya meninggalkan rumah itu untuk menghilangkan bayangan tentang kejadian mengenaskan yang pernah terjadi.

Namun, tidak lama, rumah yang kosong itu dihuni oleh tetangga baru yang bernama So Im beserta suami dan anaknya.

Keluarga So Im jauh berbeda dengan tetangga lainnya di Sky Castle yang selalu berambisi dengan pendidikan anak-anak, sehingga memaksakan kehendaknya.

So Im yang merupakan penulis, lebih membebaskan mereka dengan kasih sayang.

Kebahagiaan Semua Keluarga Kaya

Kehadiran So Im inilah yang selanjutnya perlahan mengungkap berbagai kebahagiaan semu yang terlihat dari penghuni Sky Castle.

Awalnya So Im penasaran dengan kisah penghuni lamanya yang terlihat bahagia namun ternyata memiliki masa lalu mengerikan sehingga menyebabkan kematian.

Namun ternyata, selain Myung Joo, dua tetangga lainnya juga memiliki kebahagiaan yang semu.

Seperti Seo Jin yang dikenal So Im sebagai orang miskin di masa lalunya, sehingga selalu gelisah menyembunyikan masa lalu yang dianggap memalukan itu.

Selain Seo Jin, tetangga lainnya yakni No Seung Hye juga sangat tersiksa karena memiliki suami yang sangat egois bernama profesor Cha Min Hyuk.

Karakternya aslinya ini tidak sesuai dengan apa yang sering dibicarakannya terhadap publik mengenai kebahagiaan hidup serta keadilan.

Segala Cara Demi Memenuhi Ambisi

Konflik cerita muncul disebabkan karena beberapa pihak berambisi mencapai keinginannya dengan segala cara.

Termasuk merugikan orang lain, seperti yang dilakukan oleh Joo Young dan Seo Jin yang merugikan keluarga Soo Im.

Akibat ulah Joo Young, suami So Im harus mendekam di penjara karena tuduhan yang tidak dilakukannya. Seo Jin mengetahui itu, namun enggan menjadi saksi untuk mengungkapkan kebenaran.

Hal ini disebabkan karena Joo Young mengancam akan mengungkapkan rahasia Seo Jin yang bisa menyebabkan anaknya tidak bisa masuk sekolah kedokteran ternama.

Akhir Cerita Sky Castle: Kebenaran Adalah Kebahagiaan

Namun, kejahatan selalu menyisakan rasa gelisah bagi yang melakukannya, termasuk Seo Jin.

Seo Jin pada akhirnya memilih mengorbankan pendidikan putrinya demi mengungkap kebenaran untuk menyelamatkan keluarga Soo Im.

Ambisinya yang tinggi terhadap pendidikan anaknya akhirnya runtuh dengan kesadaran bahwa kebahagiaan tidak semata dilihat dari kesuksesan pendidikan.

Secara keseluruhan film ini menyindir kalangan masyarakat yang selalu menjadikan pendidikan tinggi sebagai ambisi para orang tua.

Pesan moral yang ingin disampaikan adalah menjadikan kasih sayang dan kebenaran sebagai kebahagiaan yang sejati, bukan ambisi, pendidikan, ataupun kekayaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *